Selasa, 05 April 2016

KONGSI DAGANG

VOC

Untuk menghilangkan persaingan antar pedagang Belanda dan untuk mengahdapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya, maka pada tanggal 20 Maret 1602, atas prakarsa Pangeran Maurits dan Olden Barneveld didirikan kongsi perdagangan bernamaVerenigde Oost-Indische Compagnie-VOC (Perkumpulan Dagang India Timur). Pengurus pusat VOC terdiri dari 17 orang. Pada tahun 1602 VOC membuka kantor pertamanya di Banten yang di kepalai oleh Francois Wittert. Kongsi dagang ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.
EIC


East India Company adalah perusahaan dagang Inggris pertama di India, yang didirikan atas perintah Ratu Elizabeth I, pada tanggal 31 Januari 1599. Melalui 
perusahaan bernama East India Company itu, Inggris diberi 

hak monopoli dagang di negara-negara Timur.East India Company terdiri dari sekelompok pedagang London dan pejabat kota. Mereka membeli beberapa kapal, dan memenuhinya dengan barang dagangan untuk dijual di kawasan timur. Ketika pulang ke Inggris, mereka juga membawa lada dari Sumatera dan Jawa.







 CDI

Perusahaan Hindia Timur Perancis adalah sebuah perusahaan komersial yang didirikan pada tahun 1664. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1664 atas permintaan Colbert, menteri keuangan pada masa pemerintahan Louis XIV dengan tujuan mengembangkan perniagaan dengan kongsi-kongsi dagang yang didirikan di pelabuhan utama Ormuz dan Tiongkok dan untuk menyaingi Kongsi Dagang Inggris dan Belanda.







PORTUGIS EAST INDIA COMPANY

Portugis East India Company ( Portugis : Companhia do Commercio da India atau Companhia da India Oriental) adalah perusahaan berumur pendek yang didirikan oleh Philip III dari Portugal , Raja Iberia Union , untuk menciptakan sebuah perusahaan carteran nasional untuk menjaga kepentingan di India Portugis di wajah pada perambahan oleh Belanda dan Inggris menyusul persatuan Kerajaan Portugis dan Spanyol .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar